3 Masalah Umum Kulkas LG Dan Cara Mengatasinya

Memiliki kulkas tentulah merupakan dambaan setiap keluarga. Bahkan mereka yang tinggal di kamar kost pun terkadang memiliki kulkas.

Maklum, memiliki kulkas bisa berarti penghematan, misalnya dengan menyimpan bahan-bahan makanan untuk kemudian dimasak dan dimakan. Memasak makanan sendiri bisa dipastikan bakal lebih hemat ketimbang makan di warung atau restoran.

Namun seperti halnya manusia yang terkadang bisa sakit, kulkas pun juga bisa mengalami masalah, tak terkecuali kulkas LG. Jika kulkas LG yang kamu gunakan bermasalah, tak ada salahnya kamu mencoba untuk mengatasinya sendiri terlebih dahulu. Kalau ternyata bisa, lumayan bukan? Bisa menghemat pengeluaran.

Nah, berikut adalah masalah umum yang mungkin muncul pada kulkas LG dan cara untuk mengatasinya.

1. Kulkas tidak dingin

Salah satu masalah yang paling umum dihadapi oleh pemilik kulkas adalah suhu kulkas yang tidak dingin.

Jika bagian yang tidak dingin adalah ruangan selain freezer, cek apakah makanan atau minuman yang disimpan di dalam kulkas terlalu penuh. Kalau masih memungkinkan, coba ditata ulang supaya lebih rapi sehingga sirkulasi udara di dalam kulkas lebih baik dan pastikan juga tidak mengganggu sirkulasi udara dari freezer.

Sebaliknya, jika yang tidak dingin hanya freezer saja, bisa jadi freezer terlalu penuh atau sirkulasi udara yang menuju ke freezer yang terhambat. Kemudian pastikan juga pintu sudah tertutup dengan rapat. Jika pintu kurang rapat, tentu udara dari luar yang panas akan mengganggu kestabilan suhu di dalam kulkas.

Jika kulkas masih baru, sebaiknya saat pertama kali dinyalakan, jangan diisi apapun selama 24 jam. Biarkan seluruh komponen serta fluida bekerja dengan baik terlebih dahulu. Terlalu cepat mengisi kulkas saat masih baru juga bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin.

Baca juga: 5 Cara Jitu Merawat Kulkas LG Kamu

2. Kulkas mati total

Jika kulkas mati total, yang pertama perlu diperiksa tentu adalah kabel dayanya. Pastikan kabel masih baik, tidak terkelupas, atau lebih parah lagi putus karena sebab-sebab tertentu. Kalau memang kualitas kabel sudah buruk atau rusak, kamu bisa menggantinya sendiri bila memiliki keterampilan dan waktu untuk melakukannya. Pastikan kabel yang baru memiliki kualitas yang bagus.

Jika tak ada masalah dengan kabel, coba colokannya dipindahkan ke stop kontak yang lain atau stop kontak yang digunakan untuk kulkas dicoba dengan perangkat lain. Jika setelah dipindah berhasil menyala atau perangkat lain sama-sama tidak menyala saat ditancapkan pada stop kontak tersebut, kemungkinan besar stop kontaknyalah yang mengalami kerusakan dan harus diperbaiki atau diganti.

Perhatikan juga bahwa sebaiknya colokan kabel daya kulkas ditancapkan ke stop kontak khusus, tidak bercabang dan dibagi dengan kabel daya perangkat lain.

Menurut situs resmi LG, kulkas buatan LG membutuhkan paling tidak tegangan sebesar 120 V dan arus sebesar 15 ampere. Jika stop kontak terbagi dengan perangkat lain, sangat mungkin kebutuhan tegangan dan arus tersebut tidak terpenuhi dan kulkas menjadi tidak dapat menyala.

Baca juga: Rekomendasi Harga Kulkas Murah Rp1 Jutaan

3. Ada air menetes

Jika kamu mendapati bagian bawah kulkas sering terdapat air yang menggenang, periksalah selang-selang atau katup air yang terdapat di bagian belakang kulkas.

Jika memang ada yang kurang kencang, sebaiknya segera dikencangkan. Namun jika selang sudah rusak, sebaiknya dibawa ke servis resmi LG saja.

Setelah diperiksa dan semua dipastikan kencang dan tidak rusak, periksa juga posisi peletakan kulkas. Ada kemungkinan kulkas terletak dalam posisi yang sedikit miring. Jika kulkas miring, maka cairan embun atau air yang berasal dari proses defrost tentu akan menetes keluar dan menyebabkan genangan di bagian bawah kulkas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url