Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Meet

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Meet

Studio Tekno - Video conferencing atau yang lebih dikenal dengan online meeting, telah menjadi layanan mendesak yang dibutuhkan hampir semua orang di dunia. Digunakan tidak hanya sebagai obrolan jarak jauh, tetapi konferensi video juga menjadi vital untuk bekerja, dan juga pendidikan. Menyikapi hal tersebut, Google berinisiatif untuk membuat layanan video conference yang berkualitas dan aman bernama Google Meet.

Kehadiran Google Meet pertama kali di tahun 2017 merupakan bagian dari layanan produk Google lainnya, yaitu Google Hangouts Meet dan Hangouts Chat. Selanjutnya pada Mei 2020 versi gratis Google Meet yang resmi dirilis oleh Google akan menggantikan fungsinya di layanan Google Hangouts klasik.

Apa itu Google Meet? Google Meet adalah alat komunikasi buatan Google yang menyediakan layanan konferensi video (video meeting) berkualitas tinggi yang mudah digunakan untuk semua orang. Keunggulan Google Meet dari video call dengan kualitas resolusi video hingga 720p adalah kemampuannya untuk melakukan video conference hingga 100 peserta, dengan durasi video meeting hingga 60 menit gratis.

Layanan Google Meet juga memiliki versi berbayar, yang dapat diakses menggunakan akun Google Workspace. Dan tentunya layanan Google Meet versi berbayar ini memiliki kelebihan dan fitur yang lebih lengkap. Ada beberapa cara kita dapat mengakses dan menggunakan layanan Google Meet untuk melakukan konferensi video (video meeting).

Secara umum, ada dua cara utama untuk menggunakan Google Meet, pertama melalui smartphone dan kedua melalui desktop/laptop. Jadwal di Google Kalender

Opsi ketiga ini memungkinkan pengguna untuk memulai rapat terjadwal secara otomatis di layanan Google Kalender. Anda dapat melakukannya dengan cara yang sama seperti saat Anda akan memulai rapat video baru di Google Meet.

Untuk menggunakan Google Meet di desktop/laptop sangat sederhana, di mana Anda tidak perlu menginstal aplikasi apa pun. Namun, Anda tetap harus menggunakan akun Google untuk masuk ke layanan. Selanjutnya, ikuti petunjuk untuk menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

Untuk membuat sesi rapat video baru, klik tombol "Rapat baru". Jadwal di Google Kalender : Opsi ketiga ini memungkinkan pengguna untuk memulai rapat terjadwal secara otomatis di layanan Google Kalender. Namun, di desktop/laptop, Anda juga dapat mengakses layanan Google Meet melalui layanan Gmail di browser web.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara bergabung ke rapat video Google Meet, dan masalah teknis lainnya, Anda dapat mengakses halaman bantuan resmi Google Meet.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url