Harga Saham RALS Hari Ini - PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS)

Penjelasan Simbol Dalam Saham Serta Kod Warna - Aku Pedagang Jawa Selamat datang di StudioTekno, blognya yang membahas seputar smartphone, bisnis, keuangan dan yang lainya.

PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk pertama kali didirikan pada tahun 1978. Didirikan oleh pasangan suami dan istri Paulus Tumewu dan Tan Lee Chuan, mulanya perusahaan ini merupakan sebuah toko pakaian.

Seiring berjalannya waktu, toko pakaian tersebut kemudian berkembang dan membuka cabang pertama mereka di daerah Bandung pada tahun 1985. Selain menjual pakaian, toko cabang di Bandung ini juga mulai memperkenalkan dan menjual aksesoris seperti sepatu atau tas.

Jaringan Toko Ritel Global

Dimulai dari sebuah toko cabang, bisnis Ramayana terbukti terus berkembang pesat dan menjadikan perusahaan ini sebagai jaringan toko ritel global. Tidak hanya menjual pakaian dan aksesoris saja, Ramayana juga turut menjual kebutuhan sehari-hari dengan memperluas jaringan bisnis mereka ke bidang swalayan.

Pada tahun 1989, Ramayana tercatat sudah memiliki lebih dari 13 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia dan berhasil mempekerjakan kurang lebih 2500 karyawan. Tidak sampai disitu saja, karena mulai merambah ke bidang swalayan, Ramayana kemudian terus mengembangkan berbagai varian produk baru untuk para pelanggannya. mulai dari produk kebutuhan rumah tangga, mainan, dan alat-alat tulis.

Sampai pada tahun 1996, Ramayana tercatat memiliki memiliki 45 gerai di seluruh Indonesia. Inovasi yang dilakukan Ramayana juga tidak lepas dari mengembangkan sebuah konsep belanja satu atap.

Pada konsep ini, Ramayana menjadikan gerai ritel mereka sebagai one-stop-shopping. Di mana setiap pelanggan bisa berbelanja apapun mulai dari kebutuhan harian hingga pakaian di satu tempat.

Sampai pada tahun 2010, Jaringan ritel Ramayana sudah tersebar di lebih dari 42 kota di Indonesia, mulai dari Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali, Sulawesi, hingga Papua. Jadi, hingga saat ini, Ramayana sudah memiliki lebih dari puluhan ribu orang karyawan dalam kegiatan operasionalnya.

IPO dan Perkembangan Saham

Pada tanggal 24 Juli 1996, PT Ramayana Lestari Sentosa resmi menjadi perusahaan terbuka (Tbk) dan melakukan penawaran RALS saham pertama di Bursa Efek Jakarta (sekarang BEI) dengan jumlah saham penawaran sebesar 80.000.000. Harga pembukaan saat itu adalah Rp3.200,- per lembar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url