Cara Investasi Bagi Anak Muda Dalam 5 Langkah Mudah

Setelah memiliki tujuan keuangan yang sudah dikategorisasi berdasarkan jangka waktu pencapaian, selanjutnya Anda bisa mulai menentukan pilihan instrumen investasi yang tepat sesuai time horizon tujuan keuangan dan profil risiko Anda. Time horizon sangat penting karena akan mempengaruhi penilaian terhadap risiko sebuah instrumen investasi dan efektivitasnya dalam membantu Anda mencapai target dana yang sudah ditentukan. Contohnya, bila tujuan keuangan Anda adalah menyiapkan dana menikah 3 tahun lagi sebesar Rp100 juta, maka pilihan investasi yang tepat adalah instrumen dengan tingkat risiko rendah-menengah seperti reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap. Saham tidak disarankan untuk tujuan keuangan 3 tahun karena risiko fluktuasi harganya terlalu tinggi dalam jangka pendek.

Bila mengacu pada pengelompokan risiko berdasarkan time horizon, maka Anda bisa memakai acuan sebagai berikut.

- Tujuan keuangan jangka pendek < 3 tahun - Tujuan keuangan jangka menengah 3-5 tahun - Tujuan keuangan jangka panjang di atas 5 tahun

Gambar : orang, kedai kopi, cahaya, restoran, Desain 4288x2848 - - 31429 - Galeri Foto - PxHereSelain menimbang time horizon, dalam memilih instrumen investasi, pastikan Anda memperhatikan juga profil risikomu sebagai investor. Bagaimana cara mengeceknya? Anda bisa mengisi lembar pengisian risiko setiap kali hendak memulai investasi. Ada 3 kategori profil risiko yaitu investor konservatif, moderat dan agresif.

Investor konservatif cirinya adalah ia menyukai investasi yang stabil, tidak mau pokok investasi (modal awalnya) berkurang, kurang menyukai fluktuasi nilai investasi. Lalu, investor moderat yaitu investor yang masih bisa menerima fluktuasi harga, berharap modal awalnya tidak habis sama sekali, dan sudah cukup puas bila investasinya tumbuh melampaui tingkat inflasi dan deposito bank. Terakhir, investor agresif, yaitu investor yang siap mengambil risiko kehilangan modal investasi, nyaman dengan fluktuasi harga yang tajam karena menginginkan investasinya berkembang berkali lipat di atas bunga deposito (risk free rate).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url