Bentuk Olahan Tersebut Bisa Berupa Tepung

Panduan Cara Melihat Saham BRIS di Google Finance - Tirto.IDKentang Qiii berdiri sejak 2015, dengan memproduksi produk olahan kentang dengan brand KENTANG QIII. Pada saat awal memasarkan produk kripik yang saya produksi hanya pada teman-teman kampus, karena pada saat ini saya masih berstatus sebagai mahasiswi. Seiring berjalannya waktu perkembangan usaha cukup baik, dan melihat perkembangan potensi bisnis online yang semakin maju maka saya mencoba memperluas area pemasaran kripik kentang melalui media online. Indonesia merupakan negara yang memiliki kesuburan tanah yang sangat tinggi. Hal ini nampak pada hasil tanaman umbi-umbian, salah satunya yaitu kentang. Tanaman ini mempunyai kadar karbohidrat yang tinggi dan pada umumnya tahan terhadap suhu tinggi. Kentang (Solanum tuberosum) tergolong bahan makanan yang kaya nutrisi dan semakin meningkat kebutuhannya. Beberapa manfaat tanaman kentang antara lain: sebagai bahan diversifikasi pangan non beras yang bernilai gizi tinggi, tanaman cepat menghasilkan (cash crop) bagi petani, komoditas ekspor non-migas, bahan dasar industri pangan dan tekstil, serta bahan makanan fast-food yang menjamur di kota-kota besar. Saat ini potensi di sekitar pertanian menjadi salah satu aspek yang harus diprioritaskan dan menjadi peluang usaha yang bagus bagi pembangunan nasional. Misalnya dengan mengolah umbi-umbian menjadi berbagai macam makanan ringan maupun berat yang mempunyai rasa khas dan tahan lama untuk disimpan. Bentuk olahan tersebut bisa berupa tepung, gaplek, tapai, keripik dan lainnya. Makanan ringan atau snack telah berkembang dengan pesat baik jenisnya, cita rasa maupun kemasannya. Salah satu jenis makanan ringan yang cukup berhasil di pasaran adalah keripik. Produk makanan ringan dalam perkembangannya dapat diproduksi dari berbagai macam bahan baku diantaranya makanan ringan berbahan baku kentang. Keripik merupakan salah satu makanan ringan favorit yang pastinya disukai oleh banyak orang. Selain enak, pembuatan keripik ini tergolong mudah, sehingga banyak orang yang menyukainya bahkan menjadikannya peluang bisnis yang memiliki omset penjualan cukup tinggi. Pembuatan keripik saat ini masih terbatas pada usaha kecil atau industri rumah tangga dengan ditujukan untuk pasaran lokal. Pada umumnya dipasarkan melalui pedagang perantara, warung, toko-toko kecil, penjajah jalanan serta pasar swalayan dengan pengemasan dan cara pengemasan bervariasi tergantung pada sasaran yang dituju. Dengan makin baiknya pengolahan dan pengemasan sehingga diperoleh keripik singkong yang bermutu dan terjaga kebersihan, diharapkan pemasaran produk ini dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. 1.2 Visi Dan Misi Perusahaan

- Visi Perusahaan

5 Rahasia Sukses Berbisnis Ala Bob Sadino - Image InspiratioMenjadi wirausaha muda yang memproduksi olahan pangan yang berkualitas baik yang bisa bersaing di pasar Nasional & Internasional.

- Misi Perusahaan

A. Membuat produk dengan kualitas terbaik

B. Terus berinovasi kearah yang lebih baik

C. Memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan

1.3 Tujuan

- Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan Indonesia, - Memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menikmati olahan kentang tanpa ribet dan kotor. - Mengurangi tingkat pengangguran dengan membuka lapangan kerja baru, - Mendapatkan keuntungan atau laba.

BAB II

RANGKUMAN EKSEKUTIF

2.1 Kondisi Usaha Kondisi usaha saat ini cukup baik. Namun untuk menjangkau konsumen lebih banyak, saya perlu melakukan perluasan area pemasaran dengan menambah mitra yang bisa memasarkan produk kripik kentang ini. Dengan banyaknya tempat pemasaran, maka konsumen semakin mudah untuk mendapatkan produk yang saya jual.

2.2 Lokasi Usaha

Lokasi produksi usaha ini masih beroprasi di rumah sebagai home industri, sedangkan pemasaran saya memanfaatkan media online.

2.3 Ruangan / Tempat yang dibutuhkan

Ruangan/ Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha ini tidak terlalu luas hanya 3 M x 8 M.

2.4 Waktu Operasional

Waktu untuk memproduksi kripik kentang ini masih belum stabil, untuk 1 bulan memproduksi sekitar 750 kg kentang, setelah diolah hasilnya sekitar 188 kg kemasan isi 1 kg per bulan.

BAB III

ANALISIS INDUSTRI

3.1 Prespektif Masa Depan Usaha Dengan menambah jumlah produksi maka otomatis gerakan pemasaran akan semakin luas, karena pangsa pasar kripik ini sangat menjajikan untuk kedepannya, karena semakin banyak anak muda yamg menginginkan cemilan siap saji dan tanpa ribet.

3.2 Analisis Persaingan

Berdasarkan pemantauan dan hasil survey saya melalui internet, maka kripik kentang ini pesaingnya sudah cukup banyak, tetapi potensi usahanya masih cukup baik untuk dikembangkan.

3.3 Segmentasi Pasar yang akan dimasuki

Segmentasi pasar yang akan dimasuki adalah masyarakat ekonomi menengah, terutama anak-anak, remaja sampai orang dewasa yang ingin menikmati kentang tanpa ribet dan kotor. Dengan keunggulan produk yang saya punya, saya yakin produk kripik kentang ini dapat diterima oleh konsumen.

BAB IV

PROSES PRODUKSI

4.1 Proses Produksi - Start

- Proses pengupasan kentang

- Proses pengirisan kentang

- Proses pencucian kentang

- Proses penggorengan kentang

- Proses pengemasan keripik kentang

- Hasil akhir

4.2 Alat yang di gunakan

- Wajan - Kompor gas dan tabung gas - Baskom - Plastik sealer - Nampan - Sendok besar - Pisau

4.3 Bahan yang Digunakan - Kentang kualitas terbaik - Minyak goreng - Bumbu bubuk

4.4 Bahan Pendukung

- Kemasan - Stiker

4.5 Operasi Bisnis

Nama produk : Kentang Qiii Rencana produksi : 750 kg Waktu produksi : 1 Bulan 4.6 OUT PUT 750 kg kentang menghasilkan 188 kg dalam 1 bulan produksi

BAB V

RENCANA PEMASARAN

5.1Penetapan Harga

Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh terutama kalangan anak muda. Selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan . 5.2Pelaksanaan Distribusi Distribusi yang dilakukan yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Untuk itu saya ingin melakukan perluasan area pemasaran melalui media online dan pasar modren. 5.3Strategi Promosi yang akan dilakukan Strategi yang sudah dijalankan pada Usaha ini antara lain :

Memasarkan melalui orang-orang terdekat. Melakukan iklan-iklan di media internet melalui situs jejaring sosial. Menjadi narasumber disalah satu stasiun TV swasta daerah Sumatera Selatan.

BAB VI

ANALISIS RESIKO

6.1 Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)

A. Strength (Kekuatan)

- Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif - Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan - Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan - Menjual produk yang berkualitas & inovasi produk

B. Weaknes (Kelemahan)

- Persaingan pasar dengan produk sejenis - Berubahnya kondisi perekonomian - Harga kentang yang tidak stabil - Produk tidak tahan lama

6.2 Oportunity (Peluang)

Dengan tetap menjaga mutu dan kualitas produk, saya yakin dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan usaha sejenis yang jauh lebih besar yang akan muncul dikemudian hari maupun yang sudah ada pada saat ini. Dengan keunggulan produk yang saya punya membuat saya yakin bahwa kedepannya usaha ini akan maju.

Threaty (Ancaman) :

Munculnya usaha baru yang sejenis yang berusaha menyaingi usaha saya.

BAB VII

RENCANA ANGGARAN USAHA

7.1 Rencana Anggaran Biaya Usaha Nama produk : Kentang Qiii Kapasitas produksi : 188 Kg Lama produksi : 1 bulan 7.2 Modal kerja 7.2.1 Modal Kerja Produksi Kripik Kentang A. Upah Tenaga Kerja B. Biaya Bahan Pendukung C. Biaya Lainnya D. Biaya Bahan Baku Per Bulan

Total Modal Kerja Kripik Kentang : Rp 12.902.000 Harga Pokok Produk : Rp. 12.902.000 : 188 Kg : Rp. 69.000 / Kg Harga Jual Produk : Rp. 85.000 / Kg Profit : Rp.16.000 (23 %)/kg

Profit per Bulan : Rp85.000 x 188kg = Rp.15.980.000 - Rp 12.902.000 = Rp.3.078.000 7.3 proyeksi keuangan per bulan

Kentang Qiii Laporan Laba/Rugi Per Agustus 2016

Penjualan Rp.15.980.000

Harga Pokok Penjualan (Rp.12.902.000) Laba bersih Rp.3.078.000

BAB VIII PENUTUP

8.1 Kesimpulan Bedasarkan hasil pembuatan kripik kentang, dapat disimpulkan beberapa hal antara lain:

- Dalam pembuatan kripik kentang dibutuhkan bahan baku yang berkualitas bagus agar kripik sesuai dengan yang dibutuhkan. - Proses pembuatan kripik yang sesuai dengan prosedur maka akan menghasilkan kripik yang berkualitas bagus juga.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url