7 Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Karyawan Seperti Kamu

Cicilan yang menumpuk kadang membuat kita sulit bergerak. Itu mengapa kamu perlu menambah penghasilan. Kalau saat ini kamu masih berstatus sebagai karyawan, pilihlah usaha yang tidak mengganggu konsentrasimu dalam bekerja. Satu lagi yang perlu diperhatikan, ketahui dulu bagaimana aturan perusahaanmu tentang mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama. Kalau dapat lampu hijau, ini Qasir kasih beberapa referensi usaha yang bisa kamu garap di sela-sela waktumu sebagai karyawan.

Rekomendasi Usaha Sampingan untuk Karyawan dengan Modal Kurang dari Rp 10 juta

1. Membuka Jasa Cuci Motor

Yuk mulai analisa terlebih dahulu! Apakah di lingkungan rumah kamu banyak pemilik motor? Nah, kalau iya. Coba buat jasa cuci motor bisa jadi peluang menarik nih. Apalagi kalau kamu memang punya hobi otomotif khususnya merawat motor.

Namun mengapa harus jasa cuci motor? Yup, cuci motor merupakan salah satu jenis jasa yang dibutuhkan oleh banyak orang. Apalagi untuk membuat jasa cuci motor ini juga tidak memerlukan modal besar. Untuk membuat jasa cuci motor, kamu hanya membutuhkan pompa air, kompresor, kain lap, shampo motor, dan peralatan semir khusus untuk ban motor.

Kalau dibuat estimasinya, cukup modal Rp10 juta, kamu sudah bisa memiliki jasa cuci motor sederhana. Dari modal ini, kamu bisa mengalokasikannya untuk sewa tempat Rp2 juta, Rp5 juta untuk membeli peralatan, dan Rp3 juta untuk gaji seorang pegawai dan biaya operasional.

Bila kamu punya lahan besar di rumah dan bisa digunakan untuk jasa cuci motor, tentu anggaran modal awal dan bulanan kamu akan lebih sedikit. Yuk coba ajak teman kamu untuk bisnis yang sama. Siapa tahu mereka juga ingin ikut kolaborasi bersama kamu.

2. Kedai Sarapan untuk Pegawai Kantoran

Bila kamu atau pasanganmu punya skill memasak, usaha menjual sarapan di kantor adalah salah satu usaha sampingan yang menjanjikan. Sebab absensi pagi dan jarak rumah yang jauh membuat banyak karyawan merasa kesulitan untuk menyiapkan sarapan sendiri.

Tak perlu sewa tempat berjualan, kamu bisa memanfaatkan garasi rumah atau halaman depan rumah untuk menjual sarapan. Beberapa menu sarapan yang umumnya ditawarkan, antara lain gorengan, kue basah, nasi uduk atau nasi kuning, bahkan bubur ayam.

Dengan modal sekitar Rp4 juta setiap bulan, kamu bisa memulai usaha ini. Dari modal tersebut, kamu bisa menggunakannya untuk membeli bahan baku. Sementara kamu bisa menggunakan sisanya untuk bahan bakar dan transportasi. Modal tersebut juga bisa membuat kamu berpeluang mendapatkan penghasilan bersih sebesar Rp2 juta.

Ingin lebih mudah, kamu juga bisa usaha camilan yang diperjualbelikan pada teman-teman kantor. Misalnya usaha keripik kentang atau dimsum dengan saus sambal racikan sendiri. Apapun pilihan usaha yang akan kamu geluti, tentu pilihannya ada di tangan kamu. Yuk mulai bergerak, BossQ!

3. Jualan Voucher Pulsa Elektrik dan Paket Data

Zaman sekarang, siapa sih yang nggak butuh pulsa atau paket data? Smartphone selalu jadi alat komunikasi yang dibutuhkan setiap orang. Memahami peluang tersebut, tentu usaha voucher pulsa dan paket data menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Tertarik untuk menggelutinya?

Pulsa elektrik merupakan pilihan menarik untuk kamu yang ingin punya usaha sampingan. Salah satu keuntungan menjual voucher pulsa elektrik adalah penggunaannya yang efektif dan efisien. Kamu cukup mengaktifkannya melalui smartphone atau telepon genggam.

Modalnya juga tidak terlalu banyak, kamu cukup memulainya dengan Rp1 juta hingga Rp3juta. Supaya lebih serius, kamu bisa membukanya di depan rumah atau menjualnya ke teman-teman kantor. Cuan, I’m coming!

Caranya gampang banget kok, apalagi kalau kamu sudah menggunakan Qasir. Kamu cukup mengisi saldo Qasir kamu untuk aneka transaksi PPOB seperti jualan pulsa, token listrik, atau isi Go-Pay. Lalu buka menu Bayar Tagihan pada Beranda. Cek di sini untuk cara menggunakan fitur ini. Kalau belum pakai Qasir, download dulu aplikasi Qasir ke handphone Androidmu dengan mengklik link ini.

4. Tambah CUAN dengan Menjadi Fotografer Lepas

Punya hobi fotografi sayang kalau tidak dimanfaatkan. Apalagi banyak di antara teman-teman yang memuji karyamu. Ini tentu bisa jadi ladang usaha yang dapat kamu jajaki. Caranya juga cukup mudah, kamu bisa mulai dengan menjual karya-karya kamu di situs penjualan foto.

Untuk proses awal menjadi fotografer lepas, kamu bisa awali dengan Istockphoto.com yang bisa memberikan komisi 15% per foto. Selain itu kamu juga bisa menggunakan ShutterStock.com yang dapat memberikan komisi 20-30% untuk setiap karyamu yang diunduh. Selain kedua situs ini, kamu juga bisa mencoba Fotolia.com dan StockFresh.com. Syaratnya, kamu harus memiliki akun PayPal. Akun ini digunakan agar mereka bisa memberikan komisinya.

Selain menjadi fotografer lepas di situs-situs tersebut, kamu juga bisa menjadi fotografer produk atau pre-wedd. Carilah peluang dari teman-teman dekatmu. Siapa tahu mereka membutuhkan jasa foto. Lalu buatlah media sosial khusus yang memamerkan seluruh hasil foto kamu. Share foto-foto terbaik agar banyak calon pelanggan yang melirik.

Jadi nggak sabar kan ingin segera mencobanya. Modal yang perlu kamu siapkan sebenarnya hampir tidak ada alias nol. Sebab, kamu bisa meminta uang muka terlebih dahulu yang nantinya bisa kamu gunakan untuk menyewa alat. Memahami teknik fotografi tentu sudah menjadi kewajiban. Selanjutnya kamu cukup melengkapi dirimu dengan dana koneksi internet dan perawatan kamera digital yang kamu miliki.

5. Tingkatkan Skill Menulis dengan Menjadi Blogger

Ada lagi nih usaha yang tidak memerlukan modal terlalu banyak, yaitu nge-blog alias menulis blog. Tanpa modal dan bisa mendatangkan banyak keuntungan sudah pasti menggiurkan. Agar kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan, kamu tentu harus menulis tulisan yang berkualitas, dong?

Apa sih yang bisa kamu tulis? Tema dari tulisan itu bisa bermacam-macam, antara lain tentang gaya hidup, otomotif, keuangan, kecantikan, resep masakan, dan lain-lain. Hal itu tentu tergantung dengan minat kamu. Dengan modal kecil, kamu bisa membayar Rp1 juta dalam setahun untuk membeli domain dan hosting lokal dan menulis blog kamu sendiri.Selain membeli domain dan hosting, kamu juga bisa membuat blog di platform gratis seperti Blogspot.com lho.

Agar tulisan blog kamu semakin keren, kamu bisa masuk ke berbagai komunikasi khusus blogger. Selain tambah ilmu, kamu juga bisa memperluas jaringan sesama blogger, membuat blog kamu semakin dikenal oleh banyak orang, bahkan bisa membuat kamu berpotensi mendapatkan peluang kerja menjadi penulis lepas untuk salah satu brand. Wah, penghasilan kamu bisa makin bertambah nih, BossQ!

Di masa pandemi seperti ini, banyak banget lho event webinar yang dapat meningkatkan skill karyawan atau pekerja lepas. Topik-topik yang ditawarkan pun beragam. Beberapa hal yang sering menjadi topik pembahasan adalah bisnis, strategi pemasaran, digital marketing, maupun yoga. Kalau kamu punya skill di bidang tertentu, nggak ada salahnya lho kalau kamu coba menjadi pelatih online selepas kerja.

“Apa ya yang bisa saya bagikan untuk partisipan yang akan datang?” Temanya bisa bermacam-macam. Kamu bisa berbagi tips dan trik untuk mencapai goal kamu, tutorial, berbagi pengalaman, bahkan membahas dan menganalisis masalah dan memecahkan solusinya bersama-sama.

Bila tema kamu untuk meningkatkan skill, kamu perlu mempersiapkan presentasi yang akan dibagikan pada seluruh partisipan yang datang. Lengkapi presentasimu dengan data-data terbaru dan akurat.

Dalam satu kali webinar, kamu bisa memiliki puluhan hingga ratusan peserta. Umumnya satu webinar peserta harus membayar sekitar ratusan ribu rupiah. Tergantung seberapa terkenalnya kamu dan tema-tema yang akan kamu bawakan. Ayo, sudah beranikah kamu untuk melakukan webinar?

7. Konsultan Bisnis Lokal

Selama pandemi ini, banyak orang banting setir jadi pengusaha dadakan. Tidak punya background menjadi pengusaha, tentu butuh konsultan yang mengerti seluk beluk usaha kecil menengah lokal. Karena peluang inilah, menjadi konsultan bisnis lokal adalah satu ladang usaha yang bagus buat kamu yang memang memiliki kemampuan bahkan punya sertifikasi dalam industri tertentu.

Untuk memulainya, bisa dibilang ini adalah tanpa modal. Kamu cukup menggunakan waktu luang untuk memberikan konsultasi. Misalnya selepas kerja atau di akhir pekan. Dengan menjadi konsultan bisnis, kamu bisa membantu pelanggan untuk mengembangkan, mengefisienkan, bahkan mengoptimalkan usaha mereka baik dari segi strategi pemasaran, manajemen, kepemimpinan, logistik, bahkan motivasi sekalipun.

Suga - Wikipedia, la enciclopedia libreUsaha ini bisa kamu mulai kapanpun lho, BossQ. Mau mulai hari ini juga bisa. Sebagai sarana untuk mempromosikan, kamu bisa menggunakan media sosial dan mengisinya dengan konten-konten tips bisnis. Selanjutnya pelajari tren terbaru agar tips yang kamu berikan selalu up to date.

Yeay itu dia 7 ide usaha sampingan yang bisa bantu kamu nabung untuk memiliki rumah dan mobil. Jadi mau saha bermodal maupun tanpa modal semua pilihannya tentu ada di tangan kamu. Kalau kamu mau mulai usaha, jangan lupa untuk selalu menggunakan Qasir.id ya. Sebab cuma dengan Qasir kamu bisa rekap penjualan, omzet usaha, hingga stok produk menggunakan ponsel atau laptop. Gampang banget, kan? Yuk segera daftarkan dirimu sekarang juga.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url