7 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula Terlengkap

Selain mendirikan website, Anda bisa memilih platform sebagai toko online Anda. Saat ini pun tersedia berbagai platform yang bisa digunakan untuk memulai bisnis online. Anda bisa menggunakan platform media sosial maupun marketplace. Keduanya tentu memiliki kelebihan masing-masing.

Apabila Anda menggunakan platform media sosial sebagai toko online Anda, maka jumlah followers atau teman akan sangat berpengaruh. Semakin besar jumlahnya, maka semakin besar banyak pula yang mengetahui produk Anda. Untuk itu, Anda harus menciptakan citra yang baik di akun media sosial Anda.

Caranya dengan menyisipkan konten menarik, mengunggah testimoni dari para pelanggan yang puas, dan memperhatikan estetika dari gambar dan video yang Anda unggah. Anda juga bisa kolaborasi dengan akun lainnya untuk menjalankan campaign yang saling menguntungkan.

Umumnya, platform media sosial yang digunakan sebagai toko online adalah Instagram dan Facebook.

Jadi bagi Anda yang ingin cara memulai bisnis online melalui dua media sosial tersebut, sebaiknya memahami soal algoritma di balik keduanya. Mengingat algoritma yang saat ini digunakan, membuat unggahan sedikit lebih sulit untuk dilihat di feed orang banyak. Namun tentu saja ada cara untuk mengatasinya.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Online Ini Bisa Tingkatkan Penjualan 30% Lebih Banyak

Anda bisa menggunakan fitur bisnis dari kedua platform tersebut. Dengan demikian, foto atau video produk yang Anda unggah akan lebih mudah dilihat oleh orang banyak karena tidak terpendam oleh foto dan video lainnya. Namun tentu saja fitur ini memiliki harga.

Selain media sosial, tentu Anda bisa mendirikan toko di platform marketplace seperti Bukalapak, OLX, Kaskus, Carousell, dan Tokopedia.

Pada umumnya, para marketplace ini tidak menarik biaya sepeserpun untuk pendirian toko online maupun proses jual beli. Menggunakan platform marketplace ini pun lebih mudah dan murah karena segala proses bisnis ditangani oleh sistem yang sudah teroptimalisasi.

Jadi, Anda hanya perlu mendirikan akun, mengunggah produk dengan deskripsi yang menarik, dan menunggu.

Apabila ada calon pembeli, mungkin ia akan menanyakan soal ketersediaan dan kondisi barang. Tapi untuk transaksi, semua dikendalikan oleh sistem. Anda hanya perlu menunggu notifikasi dari sistem bahwa pembayaran telah diterima. Setelah itu, baru Anda mengirimkan produk kepada pembeli. Sangat mudah, bukan?

7. Atur strategi pemasaran

Dalam cara memulai bisnis online, tentu saja juga harus belajar dasar-dasar ilmu pemasaran. Percuma apabila Anda punya produk yang baik namun tidak bisa dipasarkan dengan luas. Kesuksesan yang seharusnya bisa lebih cepat diraih pun akan menjadi lebih lama.

Beruntung bagi Anda yang sudah memiliki gelar pendidikan di bidang pemasaran. Namun bagi Anda yang tidak memiliki latar belakan di bidang pemasaran tidak perlu berkecil hati karena selalu ada jalan untuk belajar.

Saat ini pun Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai tips memasarkan bisnis Anda secara online yang bisa diterapkan. Namun hal ini bergantung pada platform apa bisnis online Anda bergerak. Apabila bisnis online Anda berdiri di website khusus, maka ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Faktor pertama, optimalisasi mesin pencarian atau search engine optimization (SEO).

Artinya, konten website Anda harus mengandung kata kunci yang sering digunakan oleh orang banyak dalam mencari suatu produk.

Baca juga: Mau Uang Tambahan? Ini 7 Tips Bisnis Online untuk Anak Muda

Semakin banyak kata kunci dalam konten website Anda, maka semakin tinggi pula kemungkinan orang akan mengunjungi website Anda. Hal ini akan sangat dipengaruhi oleh faktor kedua, yaitu penulisan copy.

Copy secara sederhana dapat diartikan sebagai konten dari website Anda. Apapun produk yang Anda tawarkan, baik itu barang atau jasa, tentu saja membutuhkan deskripsi atau penjelasan yang berisi ajakan kepada pembaca untuk membeli produk Anda. Teks penjelasan inilah yang disebut sebagai copy.

Penulisan copy yang baik tentu saja harus memuat poin-poin keunggulan dari produk Anda sehingga mampu menarik minat dari pembaca. Selain memuat penjelasan dan keunggulan produk Anda, copy juga harus memuat konten yang ramah SEO. Tentu saja gunanya adalah agar website Anda semakin mudah untuk ditemukan oleh orang banyak.

Faktor ketiga, pemasaran melalui media sosial. Meskipun Anda menggunakan website sebagai toko utama, namun Anda tetap wajib memiliki halaman media sosial.

Gunanya adalah sebagai sarana promosi. Saat ini, hampir semua orang memiliki akun media sosial. Jadi wajar apabila promosi gencar dilakukan di sosial media.

Baca juga: 5 Cara Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online Modal Kecil

Untuk melakukan promosi sosial media, tidak cukup hanya dengan mengunggah konten promosi di akun Anda. Anda juga bisa mengajak orang lain untuk berpartisipasi meningkatkan awareness pada brand Anda.

Salah satunya adalah dengan menggaet para influencer untuk membantu promosi produk Anda. Mengingat influencer sendiri memiliki tingkatannya masing-masing, dengan fee dan segmen yang berbeda-beda, pertimbangkan dulu dengan matang siapa influencer yang ingin Anda ajak berkolaborasi.

Selain bekerja sama dengan para influencer, Anda juga bisa menciptakan citra positif melalui akun media sosial Anda. Tengok saja apa yang selama ini dilakukan oleh gerai makanan cepat saji Wendy’s di Amerika Serikat.

Gerai cepat saji ini mengoptimalisasikan akun media sosialnya bukan hanya sebagai ajang promosi, tetapi juga untuk berkomunikasi dengan jagat maya. Aktif merespon keluhan, mengenalkan produk baru, atau bahkan bercanda dengan warganet. Dengan demikian orang-orang memiliki citra yang positif terhadap Wendy’s.

Dari tujuh panduan di atas dapat disimpulkan bahwa cara memulai bisnis online tidaklah terlampau sulit, sepanjang diiringi keinginan yang kuat. Keterbukaan informasi seperti saat ini membuat siapa pun bisa belajar mengenai apa pun, termasuk bisnis online.

Buat Toko Online dengan GoStore

Nah, bagi Anda yang ingin membuat toko online agar bisnis Anda dapat lebih dikenal banyak pelanggan, yuk manfaatkan GoStore! GoStore adalah platform terbaru dari Gojek melalui Moka untuk membuat toko online pribadi yang dapat mempermudah transaksi penjualan di berbagai channel.

Anda pun juga bisa menjangkau jutaan pengguna media sosial lewat integrasi dengan Facebook Shops dan Instagram Shopping. GoStore pun banyak diandalkan para pebisnis yang ingin mengintegrasikan layanannya bagi pelanggan, mulai dari pembelian, pembayaran, hingga pengiriman barang.

Peningkatan layanan dan fitur GoStore pun akan dirilis secara bertahap agar semakin banyak UMKM di Indonesia yang melakukan digitalisasi usaha.

Tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai GoStore? Yuk, klik banner di bawah, buat toko online Anda, upload barang, dan mulailah berjualan!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url