5 Usaha Sampingan Wajib Coba Di Tahun 2021

Interior of the Great Mosque, (Ulucami) Bursa, Turkey

Mau memulai tapi takut tak ada waktu cukup? Eits, jangan mundur dulu, Sobat. Coba simak dan pertimbangkan 5 usaha sampingan wajib coba di tahun 2021 ini, nih. Siapa tahu ada yang cocok untuk Anda.

5 Usaha Sampingan yang Wajib Anda Coba

Sebelum mencari tahu 5 langkah memulai bisnis di tahun 2021, coba pertimbangkan dulu usaha yang ingin Anda jalani. Sebagai karyawan swasta, tentu Anda punya waktu yang agak terbatas. Hal tersebut sama sekali tidak jadi penghalang untuk mencoba usaha sendiri, kok. Namun, hal tersebut membuat Anda harus berhati-hati sebelum terjun ke bidang usaha tertentu. Cari tahu dulu, usaha sampingan wajib coba di tahun 2021 ini apa saja, sih. Berikut ini beberapa contoh yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Usaha Jasa Mengajar

Kalau Anda punya ponakan atau sepupu yang masih kecil dan merasakan sekolah online, coba tanyakan. Apakah mereka memahami betul materi yang disampaikan di kelas? Atau justru, guru mereka lebih banyak memberikan tugas dibandingkan penjelasan secara live? Tahun 2020 memang telah mengubah banyak hal, termasuk sistem belajar mengajar.

Mencerna materi sambil beraktivitas di rumah dengan banyaknya distraksi tidaklah mudah. Hal ini menimbulkan kebutuhan akan adanya jasa mengajar online, alias kursus. Apalagi, dengan adanya fasilitas berbagai aplikasi online meeting yang mendukung, yah. Kalau Anda ingin mencari usaha sampingan, coba deh buka kursus online untuk materi yang benar-benar Anda pahami. Anda tak perlu kemana-mana, cukup di rumah dan mengandalkan sinyal kuat.

Tentu, persiapan materi juga perlu dilakukan demi kelancaran kelas online. Psst, usaha jenis ini juga bisa dicoba oleh Anda yang masih berstatus mahasiswa, nih.

2. Usaha di Sosial Media

Sekarang ini, tak semua usaha berwujud transaksi jual beli langsung, lho. Anda bisa meluangkan waktu untuk usaha sampingan yang lagi hits banget. Benar sekali, usaha di sosial media. Usaha yang seperti apa, itu? Salah satunya yaitu dengan menjadi reviewer, endorser atau influencer di Instagram. Memang, tidak instan dan butuh adanya follower yang terus bertambah.

Akan tetapi, tak ada yang tak bisa kok, bila tidak ditekuni dengan baik. Terus giat membuat konten menarik dan membangun brand yang oke. Tak hanya melalui Instagram, Anda juga sangat bisa mencoba menjadi Youtuber. Temanya? Sangat luas, lho. Mulai dari edukatif, hiburan, kulineran, dan masih banyak lagi. Anda harus rajin-rajin saja mencari ide channel Youtube yang menarik minat.

Walau ingin mencari konten menarik, pastikan semua konten tidak mengandung unsur SARA, yah. Sebisa mungkin juga membuat konten tersebut tanpa membahayakan diri sendiri atau orang lain. Mengingat, Anda dipandang dan dilihat oleh banyak orang dari berbagai usia juga nih, Sobat. Usaha sampingan yang satu ini butuh kreativitas, tapi bisa banget dilakukan di samping pekerjaan utama Anda.

3. Usaha Kuliner Pre-Order

“Duh, hobi memasak sayang kalau disimpan sendiri. Pingin banget sih, bisa buka usaha kuliner. Tapi, pekerjaan utama ini yang bikin bingung, nggak bisa ditinggal sewaktu-waktu, nih.” Anda termasuk golongan orang yang pernah berpikir demikian? Jangan khawatir, Anda tak sendiri dan masih ada jalan keluar yang menarik. Usaha kuliner memang menyita waktu dan sulit dilakukan berbarengan dengan pekerjaan utama.

Namun, tak lagi dengan adanya sistem pre-order yang jadi hits belakangan ini. Anda bisa membuka pre-order yang ready di hari Sabtu atau Minggu, kok. Sambil tekuni hobi, isi waktu luang, sambil berbisnis juga, deh. Keunggulannya lagi, dengan sistem usaha pre-order ini, Anda tak perlu khawatir soal makanan yang tak terjual. Mengingat, semua order sudah dilakukan sebelum hari pembuatan makanan.

Akan tetapi, Anda perlu juga menyimak dan menerapkan tips memulai bisnis kuliner di tahun 2021, yah. Mengingat, sistem pre-order ini juga butuh usaha pemasaran yang baik dan menarik. Untuk memulai, coba tawarkan ke orang yang dikenal dulu boleh juga, tuh. Siapa tahu, mereka suka dan akhirnya mulut ke mulut usaha Anda makin ramai saja.

4. Usaha Dropship

Pingin usaha sendiri nih, tapi minim modal dan minim waktu. Ada kah yang seperti itu? Tenang saja, Anda bisa mencoba untuk merintis usaha dropship, kok. Sambil terus menjalankan pekerjaan utama, Anda bisa tuh mencari tahu rahasia sukses usaha online yang wajib diketahui. Walau mungkin hasilnya nggak instan juga, dengan menerapkan kiat sukses memulai usaha di dunia online, Anda akan menemui hasil yang positif. Apalagi, belakangan ini tren berbelanja online makin meningkat saja, tuh.

5. Usaha Desain Grafis

Punya bakat seni dan hobi menggambar digital? Jangan sia-siakan. Coba mulai merintis usaha desain grafis Anda sendiri, nih. Anda tak perlu mengorbankan pekerjaan utama. Usaha sampingan yang satu ini bisa dilakukan sepulang kerja atau di sela waktu luang. Menariknya lagi, peminatnya juga makin banyak. Terus latih skill menggambar Anda dan segera buat portfolio di sosial media, deh.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url