10 Usaha Sampingan Untuk Karyawan Dengan Modal Kecil

Menjadi karyawan dengan gaji yang pas-pasan terkadang menjadi kendala. Daripada mengutuk keadaan, lebih baik mencoba usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

MelekFinansial.co - Platform Pembelajaran Finansial BisnisUsaha sampingan untuk karyawan ada yang hanya memerlukan modal kecil namun hasil yang didapat cukup menjanjikan. Usaha ini bahkan bisa dilakukan sepulang kerja dan tidak mengganggu produktivitas di kantor.

Memulai usaha sampingan sebaiknya diawali dengan memperbaiki mindset bahwa membuka usaha tak melulu perlu modal besar. Dengan modal kecil, banyak usaha sampingan karyawan yang bisa kamu coba.

Usaha Sampingan Karyawan

Masih bingung mau mulai usaha sampingan apa? Tak perlu pusing, berikut Indozone rangkum peluang usaha sampingan karyawan dengan modal kecil yang bisa jadi pilihan kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

1. Jual pulsa dan kuota

Usaha sampingan yang bisa kamu lakukan selama 24 jam adalah menjual pulsa dan kuota. Usaha ini juga tidak perlu tempat luas bahkan dapat dikerjakan secara online.

Kamu bisa menawarkan pulsa dan kuota pada teman kantor, komunitas, geng sekolah, hingga tetangga. Selain tidak merepotkan, usaha ini juga sangat menguntungkan.

2. Penulis online

Penulis online menjadi usaha sampingan paling tepat bagi kamu yang gemar menulis. Kamu bisa mendaftarkan diri pada situs pencari tenaga kerja lepas atau freelance.

Kamu juga bisa menjadi penulis di website media yang membutuhkan kontributor untuk tulisan tertentu. Lomba menulis dengan hadiah jutaan rupiah juga bisa kamu ikuti.

3. Warung kopi

Minum kopi kini menjadi kebiasaan anak muda. Tren kedai kopi juga makin digemari semua kalangan. Usaha sampingan membuka warung kopi merupakan pilihan terbaik.

Kamu bisa membuka warung kopi di depan rumah dengan ukuran yang minimalis. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, yang penting kamu punya relasi yang banyak.

4. Food truck

Usaha sampingan food truck juga sangat menjanjikan. Kamu yang kerja dari pagi sampai sore, bisa berjualan makanan, atau minuman saat malam hari lewat food truck.

Kamu bisa memilih tempat ramai untuk memarkirkan food truck, bahkan pergi ke luar kota untuk menerima jasa pesanan pelangganmu. Kapan saja kamu ingin berjualan, food truck akan selalu siap sedia.

5. Perias wajah

Jangan remehkan usaha sampingan untuk karyawan sebagai perias wajah. Merias wajah satu orang saja, kamu sudah dibayar dengan nominal lumayan, apalagi jika banyak orang.

Kamu bisa menerima jasa merias wajah untuk pengantin, wisuda atau acara spesial lainnya. Modal make up yang kamu butuhkan juga tidak terlalu mahal.

6. Pembawa acara

Jangan sia-siakan kemampuanmu berkomunikasi dan "mencairkan" suasana. Usaha sampingan sebagai pembawa acara tidak perlu modal, malah dapat menghasilkan pemasukan.

Kamu bisa menjadi pembawa acara pernikahan atau ulang tahun saat akhir pekan. Tawarkan juga dirimu menjadi pembawa acara di kantor. Bisa buat tambah portofolio di CV, loh!

7. Menjual foto secara online

Kamu seorang fotografer atau punya hobi memotret? Menjual foto secara online bisa menjadi usaha sampingan yang pas, karena kamu bisa menghasilkan uang dari foto yang kamu abadikan.

Cukup upload foto hasil karyamu ke situs jual beli foto yang banyak tersedia di internet. Pastikan fotomu memiliki kualitas baik dan memenuhi syarat yang dibutuhkan, ya.

8. Menjual camilan

Kamu hobi masak dan mahir membuat kudapan enak? Jual saja hasil masakanmu secara online. Menjual camilan menjadi usaha sampingan karyawan yang menjanjikan loh!

Kamu bisa menjual croffle, dessert box, cupcake, brownies, bolu, roti, hingga keripik. Kalau kamu enggak bisa masak, kamu bisa jadi reseller dan dropshipper produk ternama.

9. Jasa desain grafis

Menawarkan jasa desain grafis juga cocok bagi kamu yang berprofesi sebagai desainer grafis atau memiliki bakat di bidang desain. Usaha sampingan ini hanya membutuhkan kreativitas sebagai modal utama.

Kamu bisa menawarkan jasa desain logo, kartu nama, iklan, undangan, animasi 3D, website bahkan gambar kaos. Kamu juga bisa mendaftarkan kemampuanmu pada situs freelancer.

10. Jasa foto dan video

Bagi kamu yang punya kamera dan skill memotret, usaha sampingan menjadi fotografer dan videografer boleh banget kamu coba. Selain waktunya fleksibel, penghasilannya juga cukup menjanjikan.

Kamu bisa menerima jasa foto wisuda, pernikahan, kuliner, produk, hingga model. Usaha sampingan ini juga tidak memerlukan modal, hanya butuh keahlian dan peralatan yang mendukung.

Itulah deretan usaha sampingan bagi karyawan untuk mendapatkan uang tambahan yang bisa segera kamu coba. Semoga berhasil, ya!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url