10 Peluang Usaha Sampingan Ini Wajib Dicoba Para Ayah

Memiliki usaha sampingan mungkin sedang jadi pertimbangan atau rencana hidupmu saat ini. Selain bisa menambah pemasukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, pekerjaan sampingan juga dapat berfungsi sebagai jaring pengaman jika suatu hari kamu tak bisa lagi melakoni pekerjaan utama karena sebab tertentu.

Bahkan tak jarang uang yang dihasilkan dari menjalani usaha sampingan bisa lebih besar dari gaji di pekerjaan utama. Wah, siapa yang tak tertarik?

Kenapa Ayah Harus Punya Usaha Sampingan?

Sebagai seorang kepala keluarga, kamu harus punya pekerjaan sampingan. Tak cuma soal uang, ada banyak alasan lain kenapa seseorang wajib punya side hustle seperti yang dikutip dari Forbes. Apa sajakah itu?

Bisa Menabung Lebih Banyak

Setiap keluarga wajib punya tabungan. Tabungan inilah yang nantinya akan dipakai untuk menutup berbagai kebutuhan, mulai dari biaya pendidikan anak, biaya kesehatan atau persalinan, renovasi rumah, belanja kebutuhan, dana darurat, dan sebagainya.

Nah, dengan memiliki usaha sampingan di rumah, target finansial untuk pos kebutuhan tertentu pun dapat lebih cepat dipenuhi. Kamu pun tidak perlu pusing atau bahkan stres berlebihan jika sewaktu-waktu butuh uang mendadak.


Jaring Pengaman Jika Suatu Saat Resign atau PHK

Tidak pernah ada yang tahu apa yang akan terjadi besok. Begitu pun soal pekerjaan. Bisa jadi hari ini kamu masih bekerja seperti biasa di kantor, tapi besok terpaksa harus kemas-kemas karena dirumahkan. Siapa tahu?

Ya, di situasi yang serba nggak menentu seperti sekarang, kita memang harus pandai-pandai memasang jaring pengaman, yakni dengan mencari usaha sampingan karyawan. Jadi jika suatu saat terkena PHK atau resign, Kamu masih punya pegangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari-setidaknya sampai kamu mendapatkan pekerjaan pengganti.


Mengasah Skill dan Pengalaman

Usaha sampingan bukan cuma soal uang, lho. Punya karier lain di luar pekerjaan utama bisa jadi media yang sangat tepat untuk mengembangkan skill dan pengalaman di bidang tertentu yang kamu sukai.

Ya, tidak semua orang punya privilege untuk bekerja sesuai dengan passion atau bidang yang diminatinya. Nah, pekerjaan sampingan ini bisa jadi semacam jalan keluar untuk menekuni sesuatu yang benar-benar disukai. Dapat uang pula!


Cek Ombak Sebelum Resign

Pekerjaan sampingan bisa jadi semacam “tes ombak” buat kamu yang belum sepenuhnya yakin untuk meninggalkan karier sebagai pegawai fulltime. Sebab tidak seperti pekerjaan penuh waktu yang menjanjikan jaminan keamanan finansial, usaha sampingan (apalagi yang baru dirintis) selalu penuh ketidakpastian.

Nah, pekerjaan sampingan ini bisa jadi semacam jembatan untuk sampai ke sana. Jika ternyata di tengah jalan kamu merasa tidak menikmatinya, kamu tetap bisa kembali ke pekerjaan utamamu, kan?


Membuat Segalanya Lebih Mudah

Semua pasti setuju kalau uang akan membuat segalanya jadi lebih mudah dan cepat terlaksana. Saat punya uang, kita bisa secepatnya membeli rumah yang diinginkan, menyekolahkan anak di sekolah atau kampus terbaik, mendapatkan fasilitas kesehatan nomor satu, mencukupi kebutuhan gizi keluarga dengan makanan bernutrisi, dan lain-lain.

Di situlah manfaat punya usaha sampingan. Uang atau laba yang dihasilkan dari pekerjaan sampingan inilah yang bisa kita pakai untuk beragam hal, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan keluarga. Karena punya uang ekstra, mau apa-apa pun jadi lebih gampang.


Bertemu Orang-Orang Baru

Saat bekerja di kantor, lingkup pertemanan kita bisa jadi hanya diisi oleh orang yang itu-itu saja. Sadar nggak sadar, hal ini ternyata bisa bikin diri kita nggak berkembang karena berbicara dan melakukan hal yang sama dengan orang yang sama setiap harinya.

Beda ceritanya kalau kamu mempunyai bisnis sampingan. Meski di kantor kamu hanya berinteraksi dengan orang yang itu-itu saja, di luar kamu akan bertemu banyak orang; entah itu klien, supplier, pelanggan, dan lain-lain. Dijamin wawasan dan pengalaman hidup pun makin seru.


Bikin Hidup Lebih Bahagia

Menurut American Psychological Association, uang adalah penyebab utama stres dan ketidakbahagiaan. Penghasilan yang terbatas memang akan membuat kita kesulitan dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Akhirnya, stres pun tak terhindarkan.

Nah, punya usaha sampingan bisa menjadi salah satu jalan untuk keluar dari tekanan finansial semacam ini. Uang ekstra yang didapat dari melakoni job sampingan pun bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, mulai dari memenuhi kebutuhan sehari-hari, berinvestasi, jalan-jalan, liburan, dan sebagainya.

bisnis, rekan, komunikasi, konferensi, koneksi, ide ide, Internet, pertemuan, jaringan, buku catatan - Pxfuel
Mengisi Waktu Luang

Tidak sedikit pegawai kantoran yang menjalankan bisnis sampingan untuk mengisi waktu luang setelah bekerja. Nah, kamu juga bisa meniru cara yang sama untuk membunuh rasa bosan. Ketimbang membuang waktu untuk rebahan atau bengong, yuk manfaatkan untuk mulai menggeluti usaha sampingan saja! Selain mendapat penghasilan tambahan, punya side job juga bisa jadi terapi stres yang efektif, lho.


Sarana Aktualisasi Diri

Rutinitas kantor yang cenderung monoton alias itu-itu saja sering kali membuat kita “kehilangan” diri sendiri, terlebih jika pekerjaan tidak sesuai dengan hobi. Nah, usaha sampingan ini bisa jadi sarana yang tepat untuk aktualisasi diri. Di sini, kamu bisa menyalurkan hobi, kesenangan, serta kreativitasmu tanpa dibatasi dengan aturan ini itu. Hati senang, dompet pun ikut senang.


10 Jenis Usaha Sampingan yang Cocok untuk Ayah

Saat ini ada banyak pilihan usaha sampingan yang bisa dilakukan para suami atau ayah tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama. Sebagian besar bahkan bisa dijalankan tanpa membutuhkan modal sama sekali, lho. Penasaran? Baca sampai akhir, yuk!

Bisnis Rental Perlengkapan Bayi

Punya banyak barang bagus berkualitas tapi hanya teronggok di gudang? Sewakan saja supaya dapat tambahan penghasilan. Jenis barang yang bisa disewakan pun sangat beragam, misalnya perlengkapan bayi seperti freezer ASIP, high cair, ayunan bayi, tempat tidur bayi, stroller, baby walker, meja mandi, dan lain-lain.

Di luar sana pasti banyak calon orang tua yang berminat untuk menyewa barang-barang semacam itu ketimbang membelinya. Kamu bisa mengelola bisnis persewaan ini bersama istri. Seiring waktu jika modal sudah makin besar, kamu dapat berbelanja lebih banyak properti untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.


Berjualan Makanan atau Minuman

Berjualan makanan atau minuman bisa jadi peluang usaha sampingan yang patut dicoba para suami, lho. Kamu bisa memproduksi makanan/minuman itu sendiri atau mengambilnya dari orang lain dengan sistem upah.

Coba pasarkan di kalangan teman-teman kantor dulu. Jika responsnya positif, kamu bisa mulai mengembangkannya dengan membuka toko atau warung sendiri. Laba yang didapat dari berjualan ini bisa dipakai untuk beli susu si kecil atau tambahan tabungan untuk biaya sekolahnya nanti, lho.


Bisnis Online

Nah, buat kamu yang ingin memulai usaha tapi tak punya cukup modal, coba deh mulai menekuni bisnis online, misalnya dengan menjadi reseller atau dropshipper. Pilih yang tidak mengharuskanmu untuk nyetok barang agar tak perlu keluarkan modal, ya! Meskipun tak ada toko fisiknya, omzet bisnis online ini ternyata tak main-main, lho. Yang terpenting adalah tekun dan komitmen.

Ada banyak jenis barang yang bisa kamu jual dengan sistem dropshipp atau resell, misalnya makanan, pakaian, perlengkapan rumah tangga, buku, kosmetik, dan lain-lain. Pilih satu yang sekiranya paling kamu minati.


Guru Les Mapel

Guru les ternyata juga bisa jadi profesi sampingan yang menghasilkan, lho. Selain dapat uang, kamu juga bisa terus mengasah pengetahuanmu di bidang mapel yang kamu ajarkan. Cara ini bagus sekali untuk melatih daya ingat biar tak gampang lupa, apalagi jika pekerjaan utamamu kurang nyambung dengan jurusan saat kuliah dulu.

Coba cari peluang sebagai guru les dengan memasang iklan di media sosial atau promosi dari mulut ke mulut. Tarifnya bisa disesuaikan dengan durasi mengajar dan jenjang pendidikan si murid. Nah, waktu mengajarnya ini bisa dilakukan sepulang jam kantor. Jadi pekerjaan utamamu tidak akan terganggu.


Jual Beli Motor/Mobil Bekas

Para suami biasanya punya banyak kenalan yang bekerja di bidang otomotif nih. Jangan segan memanfaatkan peluang ini untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Caranya dengan menjadi makelar jual beli motor atau mobil bekas.

Usaha sampingan semacam ini labanya tidak main-main, lho, apalagi jika sudah punya showroom sendiri. Jadi, manfaatkan relasi yang kamu punya sekarang. Bila perlu, ajak mereka untuk bekerja sama.


Laundry Kiloan

Bisnis laundry kiloan adalah jenis usaha sampingan yang tak lekang oleh waktu. Selamanya, orang-orang akan butuh jasa penatu untuk membantunya mencuci atau menyetrika pakaian. Bisnis laundry dijamin akan makin rame jika lokasinya berada di area kost atau dekat gedung perkantoran.

Untuk menarik pelanggan, coba pasang tarif yang terjangkau, tapi dengan kualitas layanan jempolan. Jika hasilnya memuaskan, orang-orang pasti akan kembali menggunakan jasa laundry-mu.


Agen PPOB

Jenis usaha sampingan lain yang bisa dicoba suami adalah menjadi agen PPOB atau pembayaran online untuk tagihan pulsa, listrik, PDAM, internet, BPJS, dan lain sebagainya. Selain tidak menyita banyak waktu, modal untuk menjalankan bisnis ini juga terbilang kecil. Kamu bahkan bisa memulainya hanya dengan bermodal smartphone.

Konsumen yang bisa kamu jangkau pun sangat luas, mulai dari tetangga sekitar rumah, rekan kerja di kantor, dan pelanggan lain yang dijangkau lewat promosi di internet. Yang penting rajin-rajin beriklan soal bisnismu, ya!


Jasa Desain atau Menulis

Punya kemampuan mendalam di bidang menulis artikel, desain, atau fotografi? Manfaatkan saja menjadi peluang bisnis untuk menghasilkan rupiah. Kebutuhan akan seorang desainer, penulis artikel, dan fotografer saat ini sangat tinggi, lho. Bila karyamu berkualitas, kamu bahkan bisa mendapatkan honor yang tak main-main jumlahnya. Tertarik?


Buka Kursus Online

Kursus online juga bisa menjadi peluang usaha sampingan yang menjanjikan. Kamu bisa melakukannya saat akhir pekan atau malam hari sepulangnya dari kantor. Kursus online ini tidak cuma ditujukan untuk murid-murid yang masih bersekolah. Kamu bisa menyesuaikan jenis kursus dengan bidang yang diminati, misalnya kursus menulis, kursus tutorial editing foto, public speaking, dan lain sebagainya.


Bisnis Kost atau Kontrakan Rumah

Jika kamu punya modal yang cukup besar, coba usaha sampingan yang satu ini. Kost atau rumah kontrakan adalah jenis hunian sementara yang dipastikan akan selalu ramai peminat, terlebih jika dibangun di dekat area kampus, sekolah, atau gedung perkantoran. Selain tidak butuh perawatan intensif, bisnis kost juga bisa mendatangkan untung dalam jumlah besar.


Tentu masih banyak jenis usaha sampingan lain yang cocok untuk para ayah, misalnya berjualan tanaman hias, bisnis hampers, bisnis frozen food, dan sebagainya. Semoga daftar di atas bisa jadi referensimu dalam mencari tambahan penghasilan, ya!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url