Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android Terbaru

 

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android Terbaru 2020

StudioTekno - Jumlahnya program di piranti mobile memang mempermudah dan memberinya selingan. Tetapi kadang, mekanisme operasi mobile bisa juga memperoleh permasalahan. Satu diantaranya ialah program yang berhenti mendadak. Oleh karenanya, beberapa cara mengatasi aplikasi terhenti harus dijumpai oleh beberapa pemakai Android. Hingga tidak cemas saat memperoleh peringatan mendadak bila program berhenti.

Pemicu Permasalahan Program Berhenti di Android

Saat sebelum mengulas bagaimana cara mengatasi aplikasi terhenti, karena itu mulai dahulu mengenali pemicunya. Beberapa program di Android kadang berhenti mendadak saat dipakai. "Sayang program sudah stop" atau "Unfortunately app has stopped", demikian pesan yang didapat saat program berhenti. Lantas apa sebetulnya pemicunya? Berikut dua pemicu yang paling umum terjadi.

1. Memory RAM Penuh

Program di Android tergantung penuh pada memory RAM yang dipakai. Memory RAM akan memengaruhi berjalannya program. Bila memory terbatas, tetapi program kebanyakan berjalan pada latar belakang, maka membuat jadi penuh. Hal itu yang mengakibatkan saat program yang jalan, kekurangan memory. Hingga bisa terjadi permasalahan saat dibuka, bahkan juga tidak bisa dipakai sama sekalipun.

2. File Cache Program Menimbun

Tiap program dalam mekanisme Android, selalu simpan file cache untuk percepat dalam memakainya di lain waktu. Tetapi, bila tidak dibikin bersih dengan teratur, file cache ini akan menimbun. Hingga bisa mengakibatkan perform handphone turun. Satu diantaranya saat jalankan program. Program semakin lebih lama memberi respon atau bahkan juga bisa berhenti mendadak saat dipakai.
Langkah tangani Program Berhenti di Android

Beberapa pemicu terhentinya program secara mendadak itu pasti akan mengusik. Oleh karenanya, 3 cara atasi aplikasi terhenti ini harus didalami untuk menanganinya. Bukan hanya untuk menangani program berhenti saja, tetapi dapat tingkatkan perform dari handphone.

1. Check Kartu SD

Sebagian besar tipe handphone Android bisa memakai kartu microSD tambahan. Perannya sudah pasti sebagai memory tambahan untuk simpan beragam file masuk, terhitung program yang terpasang. Tetapi kadang, kartu microSD yang dipakai bisa terjadi permasalahan. Hal itu yang menyebabkab program Android jadi berhenti saat dipakai.

Cara mengatasi aplikasi terhenti ini, bisa dilaksanakan dengan mematikan handphone, selanjutnya terlepas kartu microSD yang dipakai dari slots. Kemudian, biarkan sesaat, selanjutnya bisa terpasang kembali secara benar, dan coba untuk menghidupkan kembali handphonenya.

2. Hapus Cache dan Data Program

Cache dan data error pada program itu bisa menjadi pemicu program berhenti. Oleh karenanya, karena itu bisa ditata dengan management program. Triknya dengan hapus cache dan data program di handphone Android.

Click dalam menu Penataan, selanjutnya Management Program, seterusnya tentukan Program dan Hapus Cache dan Hapus Data. Selainnya langkah manual itu, dapat memakai program di Andorid. Program pencuci di Andorid seperti CCleanser, bisa menolong bersihkan secara sekalian semua program.

3. Uninstall Program Selanjutnya Reinstall

Bila ke-2 langkah di atas tidak bisa menangani permasalahan, mungkin pemicunya dari program tersebut. Beberapa data program kemungkinan ada yang hancur, hingga tidak jalan seharusnya. Karena itu cara mengatasi aplikasi terhenti seterusnya dengan lakukan uninstall dan install ulangi program.

Langkah ini kemungkinan makan paket karena harus meng-install ulangi program. Tetapi menjadi langkah yang paling baik untuk menangani program berhenti. Triknya dengan click di menu Penataan, selanjutnya tentukan Management Program, tentukan Program, dan Uninstall. Seterusnya, bisa diinstal kembali dengan buka Google Play Toko, dan tentukan Program tadi di hapus, selanjutnya click Install.

Cara atasi aplikasi terhenti di Android itu bisa didalami untuk menangani masalah saat memakai program. Tentu saja dengan ketahui pemicu masalah itu. Hingga, cara menangani permasalahan yang sudah dilakukan tepat. Disamping itu, bersihkan cache dan program data dengan teratur akan mendukung perform program jalan. Selamat mempraktikkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url