Tutorial Atasi Memori Penuh di Android, Ponsel Lancar Tanpa Hambatan

Banyak pemakai handphone yang menyalahkan memory hpnya telah penuh. Memory pada hp seperti otak manusia yang dapat simpan data atau file. Walau ukuran kecil, tetapi penyimpanannya besar sekali. Memory itu dapat penuh bila data yang tersimpan kebanyakan, hingga membuat handphone jadi lag. Karena itu perlu tutorial atasi memori penuh di Android agar tidak ada lag.

Memory pada hp terdiri jadi dua tipe, yakni memory intern dan external. Memory intern sebagai memory bawahan pada hp, sedang memory external ialah memory tambahan yang dipasangkan. Lantas, bagaimana bila memory intern yang dipunyai hp itu telah penuh?
Panduan Tangani Memory Penuh di Android

Saat sebelum mengikut tutorial atasi memori penuh di Android. Kenali beberapa program yang digunakan, karena umumnya program itu terkadang tidak betul-betul dibutuhkan. Kenali juga program yang menggunakan memory terlampau besar. Berikut langkah untuk menangani memory hp bila terlampau penuh.


pixabay.com/images/id-1869510/

1. Teratur bersihkan cache


Salah satunya langkah untuk tangani memory penuh ialah teratur bersihkan cache program. Cache sendiri sebagai tersisa data yang tidak terpakai. Lalu bagaimanakah triknya? Pertama masuk di sisi "setting". Seterusnya tentukan menu "app management". Kalau sudah masuk, click semua program yang kerap dijangkau. Teruskan click menu "storage usage". Dan di dalamnya ada opsi "clear cache", click menu itu.

2. Jauhi instal program yang berat


Playstore memang mempunyai bermacam jenis program dan games yang kerap menolong. Sayang, kerap pemakai handphone tidak mengetahui jika program yang di instal mengonsumsi memory kebanyakan. Karena itu dianjurkan untuk cari alternative program yang lain mempunyai ukuran file lebih kecil saat sebelum men-downloadnya.

3. Berpindah ke Whatsapp


Sebagian besar pemakai handphone memakai program Whatsapp. Karena itu, langkah seterusnya tutorial atasi memori penuh di android ialah berpindah ke Whatsapp. Yang pertama ialah mematikan auto unduh dari media ke whatsapp. Karena bila tidak dimatikan, bila ada yang mengirimi video atau foto langsung akan terdownload. Automatis akan penuhi memory intern hp.

Yang ke-2 ialah mem-back up chat dan media ke Google drive. Hingga tak perlu cemas bila memory penuh atau meniadakan beberapa file dari whatsapp. Bila ingin cari file, tinggal datangi googledrive dan data yang tersimpan tidak raib.

4. Alihkan ke memory external


Memory intern penuh karena jumlahnya program yang di instal. Karena itu ada dua langkah supaya tidak begitu penuh, yang pertama dengan uninstal program dan mengalihkan program ke memory external. Saat sebelum mengalihkan beberapa program, yakinkan memory yang digunakan lumayan besar kemampuannya diperbandingkan memory intern.

Dan langkah mengalihkan program ke memory external dengan buka penataan atau setting. Kemudian tentukan setel tambahan. Membuka manajeman program diteruskan click terinstal. Tentukan program yang ingin dipindah, ketok program itu dan tentukan pilihan alihkan ke memory external atau SD card.

5. Mengatur posisi penyimpanan photo camera


Tutorial atasi memori penuh yang paling akhir ialah mengendalikan posisi penyimpanan photo camera. Alihkan posisi itu dari memory intern ke memory external . Sehingga, saat mengincar photo, automatis disimpan ke memory external atau SD card. Triknya dengan buka program camera selanjutnya mencari menu setting. Tukar posisi penyimpanan dari intern ke arah SD card.

Tutorial atasi memori penuh pada hp dapat diaplikasikan bila handphone yang digunakan mulai lelet. Sesudah ketahui panduan itu, diinginkan hp yang digunakan mulai normal kembali saat digunakan. Mudah-mudahan berguna.


Tidak hanya sebagai media panduan handphone, kami share artikel dan tutorial sekitar tehnik computer dan jaringan

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url