Mudahnya belajar bahasa jawa Secara Online

Kali ini Studio Tekno akan membahasa untul belajar bahasa jawa secara online, mengingat betapa susahnya untuk pada masa ini mencari orang yang fasih untuk mengajari bahasa jawa hanacaraka. Bahkan mungkin orang tua kita sendiri pun tidak begitu paham dengan tulisan hanacaraka atupun berbahasa jawa yang halus.

Sebetulnya ada banyak situs penyedia translate dari bahasa indonesia ke bahasa jawa namun dalam artikel ini tidak dibahasa semua, hanya beberapa saja. Hanya perlu menyiapkan kata atau kalimat yang akan diubah menjadi aksara Jawa dan kemudian menyalinnya (copy) untuk ditempelkan (paste) pada software pengolah kata di komputer maupun Android.

Jik rekan-rekan ingin mengunakan beberapa situs yang akan dibahas dibawah nanti saya sarankan untuk memasang font aksara jawa pada perangkat yang akan digunakan terlebih dahulu. Sebab tidak semua dapat menampilkan Unicode dari aksara jawa pada umumnya. Maka hal tersebut kadang akan menimbulkan beberapa hal eror dan huruf yang muncul hanya kotak-kontak kecil saja.

Beberapa situs website yang akan dibahas pengunaanya sama seperti pada google translate,namun untuk saat ini google translate belum menyediakan fasilitas untuk bahasa jawa semoga kedepanya ada.

Beberapa situs Translate Aksara Jawa Hanacaraka

Dalam artikel ini hanya ada tiga buah situs website dan aplikasi Android yang kami gunakan untuk translate bahasa Jawa ke aksara Jawa. Sebenarnya ada juga software konversi huruf latin ke huruf Jawa Hanacaraka untuk komputer, tetapi saat ini cukup membahas pada situs web saja.

  • Website Surya Aji

Website ini merupakan alat untuk translate aksara Jawa Hanacaraka online yang kedua adalah situs Surya Aji milik Paguyuban Bawarasa Surya Aji yang berada di Malang, Jawa Timur, Indonesia. Sama halnya website Nulisa, di situs ini Anda juga bisa mengubah tulisan latin menjadi aksara Hanacaraka secara lengkap.

Untuk menggunakan situs Surya Aji, buka aplikasi peramban web Anda kemudian kunjungi situs Surya Aji melalui tautan www.surya-aji.org/hanacaraka/.

situs Surya Aji

  • Website Nulisa Aksara Jawa

Situs translate aksara Jawa Hanacaraka yang pertama adalah Nulisa Aksara Jawa yang dibuat oleh seorang Wikipediawan dan Wiktionarian bahasa Indonesia bernama Bennylin pada 6 April 2013 silam.

Nulisa merupakan sebuah alat sederhana yang dimulai proyeknya pada tahun 2012 yang bertujuan untuk mempermudah penulisan aksara Jawa dengan keyboard biasa (QWERTY) dan sekaligus berfungsi sebagai transliterasi teks dari latin ke Carakan maupun sebaliknya.

Nulisa juga memberikan informasi penulisan aksara Jawa lengkap mulai dari Hanacaraka dasar, pasangan, sandangan aksara Jawa, aksara Jawa vokal (a, i, u, e, o), sampai dengan penulisan angka pada aksara Jawa. Dan tentunya, semua penulisan Hanacaraka tersebut dapat Anda dapatkan ketika proses translate nanti.

Pengunaan pada Nulisa sangat mudah untuk translate bahasa jawa. Hanya cukup membuka browser kemudian mengases tautan https://bennylin.github.io/transliterasijawa/.

https://2.bp.blogspot.com/-hk-z_M_Vxo0/XKS-CN7d-pI/AAAAAAAADrM/Y1CQrExSAC8opv2wbHPaV975ZyWBa2U3gCLcBGAs/s400/nulisa-aksara-jawa.png

Setelah halaman website terbuka, mulailah mengetik kata apa yang ingin Anda translate atau menyalin dari yang sudah disiapkan sebelumnya. fungsi dari Nulisa ini ialah mengubah tulisan latin biasa menjadi tulisan aksara Jawa, jadi dapat dengan mudah memasukkan kata apa saja dari berbagai bahasa, tidak hanya sebatas bahasa Jawa saja. 

Setelah Anda selesai mengetik dan memasukkan kata yang akan ditranslate, cukup menekan tombol Enter pada keyboard. Dengan begitu, tulisan aksara Jawa Hanacaraka dari kata yang Anda ketik tadi akan muncul pada kotak yang kedua

Untuk mengubahnya kata atau kelimat kembali ke tulisan latin, klik tombol transliterasi Jawa > Latin yang berada di bagian bawah kotak yang kedua. Cara translate aksara Jawa menggunakan Nulisa selesai

 

Tulislah teks latin yang akan Anda konversi pada kotak di sebelah kiri. Ketika menulis teks, maka hasil konversi berupa tulisan Carakan atau Hanacaraka juga akan ikut ditampilkan pada kotak yang berada di sebelahnya.

Namun juga bisa melalukan pengubahan aksara Jawa ke tulisan latin seperti halnya pada website Nulisa. Akan tetapi setelah saya coba, ternyata fitur tersebut belum bekerja dengan baik dan butuh perbaikan.

Adapun Translate Aksara Jawa pada Situs Sastra Jawa

Sastra Jawa merupakan situs website dapat gunakan untuk translate Jawa ke aksara Jawa. Situs ini merupakan persembahan dari program digitalisasi sastra daerah oleh Yayasan Sastra Lestari (Yasri) asal Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.

Selain menyediakan fitur transliterasi aksara Jawa, situs Sastra Jawa juga menyediakan banyak sekali naskah kuno Jawa yang dapat langsung Anda baca pada situs tersebut. Naskah-naskah tersebut dikumpulkan menjadi lima kategori utama, yakni Agama dan Kepercayaan, Arsip dan Sejarah, Bahasa dan Budaya, Kisah, Cerita dan Kronikal, serta Koran, Majalah dan Jurnal.

Namun jika dibandingkan dengan dua website di atas, translate aksara Jawa Hanacaraka di Aksara Jawa ini masih menggunakan font Hanacaraka buatan Jason Glavy yang mana belum mendukung karakter Unicode. Sehingga hal ini menyebabkan proses transliterasi berlangsung per huruf dari kata yang diketik.

Jika rekan-rekan ingin mencoba translate aksara Jawa menggunakan website Sastra Jawa ini, Anda bisa mengunjungi website tersebut melalui tautan https://www.sastra.org/huruf-jawa bisa pada browser atau aplikasi hp.

Cukup sekian artikel dari kami, jika ada kesalahan mohon maaf.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url