12 tips membeli motor bekas

        Buat teman-teman yang ingin beli motor second, nampaknya harus tahu dahulu tips membeli motor bekas agar tidak gampang tertipu. Disamping itu, dengan kita ketahui bagaimanakah cara pas untuk beli motor bekas pakai sudah pasti kita dapat ketahui atau mengenali beberapa kekurangan atau kekurangan. Bukan tanpa argumen ingat yang bernama motor bekas pakai kita tidak tahu apakah yang terjadi pada motor itu saat di pakai oleh pemakai pertama. Di lain sisi, pengetahuan berkenaan tips membeli motor bekas yang bakal diberikan kan ini nampaknya memang lumayan perlu dimengerti ingat sekarang ini dapat disebut cukup banyak beberapa penjual mengoles motor second dagangannya demikian rupa yang diperuntukkan untuk tutupi kekurangan produk sampai dapat menjualnya pada harga semakin tinggi dari semestinya. Nach, oleh karena argumen itu, ketahui dan pahami tips membeli motor bekas jadi dasar ulasan yang cukup penting untuk dipahami dan didalami. Lalu, bagaimana sich triknya? Makin ingin tahu ya teman.

       Nach, berkaitan dengan tips membeli motor bekas, nampaknya memang jadi salah satunya alternative buat teman-teman semua saat sebelum membeli. Masalahnya sekarang ini telah banyak penjual motor bekas pakai di mana kita belum pasti tahu apa motor bekas pakai yang dipasarkan tersebut pada keadaan sempurna atau malah telah hancur. Sudah pasti, dalam hubungannya dengan bagaimana tips membeli motor bekas yang bakal kita berikan ini kali, akan menolong teman-teman semua dalam beli atau cari motor bekas pakai yang sehat. Disamping itu, panduan yang dapat  bagi ini diperuntukkan untuk teman-teman yang ingin beli motor bekas tetapi ragu-ragu dan belum mengetahui bagaimana triknya membandingkan motor bekas pakai yang bagus dan yang telah tidak pantas gunakan. Oleh karenanya ini kali Mas Sena akan share info penting berkaitan bagaimana tips membeli motor bekas yang berkualitas dan gampang diaplikasikan agar tidak salah tentukan. Untuk memperjelasnya, silahkan kita baca saja penjelasannya di bawah ini.

12 Panduan Beli Motor bekas pakai

Berikut, akan menyuguhkan minimal 12 tips membeli motor bekas yang dapat rekan-rekan aplikasikan sendiri. Berikut penuturannya:

Tentukan Type Motor yang Akan Dibeli

Langkah awal dari tips membeli motor bekas yang penting teman kerjakan yakni tentukan tipe motor apa yang bakal dibeli. Langkah ini dilaksanakan untuk memudahkan teman-teman dalam cari penjual yang sesuai motor yang teman harapkan. Dapat motor sport, motor bebek, atau matic. Maka satu kali lagi tetapkan opsi dahulu, type motor apa yang bakal dibeli.

Pilih Penjual yang Betul

Pilih penjual motor yang betul sebagai satu dari demikian tips membeli motor bekas. Cara ini dilaksanakan untuk menahan atau menghindar penjual yang nakal dan senang menipu customernya. Nach, untuk ketahui penjual yang mana betul, teman-teman dapat cari tahu beberapa penjual motor yang telah dikenali atau telah bisa dibuktikan dalam penjualannya sesuai harapan konsumen setianya. Disamping itu, juga bisa dengan cari teman yang mempunyai kenalan penjual motor yang bisa dipercayai.

Kenali Harga Pasaran Motor

Bila rekan-rekan sudah mengetahui type motor apa yang bakal dibeli dan penjualnya juga telah didapatkan karena itu tips membeli motor bekas seterusnya yaitu dengan lakukan riset atau pengujian harga pasaran dari motor yang bakal dibeli. Walau remeh tetapi cara ini perlu dilaksanakan. Masalahnya tiap type motor mempunyai harga yang berbeda dan bergantung dari keadaan motornya juga. Misalnya saja, bila kondisi motor masih bagus seperti baru baik dari sisi mesin atau body karena itu biasanya akan dibandrol pada harga yang cukup mahal. Tapi, demikian juga kebalikannya seandainya keadaan motor tidak seperti baru, kemungkinan mesinnya sedikit ada permasalahan atau bodynya banyak yang lecet maka mempunyai harga yang tambah murah. Disamping itu, pengujian harga pasaran ini benar-benar dibutuhkan supaya kita tidak gampang ditipu pada harga yang dibanderol penjual

Check Secara Cermat Kelengkapan Surat Kendaraan

Tips membeli motor bekas yang tidak kalah penting yaitu wajib melakukan pengujian surat-suratnya, seperti BPKB dan STNK. Pasti, cara ini dilaksanakan untuk ketahui kepastian identitas pemilik tangan pertama hingga kita dapat pastikan jika motor sisa yang bakal kita membeli bukan motor curian. Bukan tanpa argumen ingat sekarang ini cukup banyak diketemukan kasus perampokan motor hingga untuk menahan suatu hal yang tidak diinginkan juga kelengkapan surat dan arsip motor harus jadi sisi yang jadi perhatian.

Check Nomor Kerangka dan Nomor Mesin

Nach, mencapai tips membeli motor bekas seterusnya, upayakan check secara cermat nomor kerangka atau nomor mesin. Ingat, cara pada fragmen ini perlu dilaksanakan dan pantas untuk dicurigai. Karena, bila nanti memang diketemukan ada kekeliruan yang berbentuk perbedaan di antara nomor kerangka atau nomor mesin dengan suratnya akan berpengaruh fatal ingat bila hal tersebut terjadi karena itu bisa saja itu sebagai hasil motor curian. Oleh karena itu, cara yang ini harus dicurigai dalam beli motor sisa.

Check Kondisi Body Motor

Salah satunya tips membeli motor bekas yakni teman-teman harus mengecek keadaan body motor. Langkah ini nampaknya lebih gampang dilaksanakan dibanding harus memeriksa mesin ingat dapat terlihat terang. Upayakan jika motor itu harus tanpa guratan, tidak ada penyokan, dan tidak retak. Disamping itu, jika memang perlu teman-teman juga bisa bertanya apa semua suku cadang masih asli. Bila ada yang ditukar, yakinkan kualitas suku cadang itu memanglah bagus. Pokoknya, selalu tanya ke penjual berkaitan keadaan motor dan cocokan dengan keadaan real pada motor. Bila perlu, ajak seorang (dapat rekan atau keluarga) yang memahami sangkut-paut dunia jual-beli motor supaya lebih gampang dalam mengenali keadaan motor sisa yang bakal dibeli.

Kerjakan Pengujian pada Oli

Perlu untuk teman minta bantuan penjual untuk buka penutup oli buat memeriksan bagaimana keadaan oli, apa oli terlalu berlebih atau mungkin tidak. Pengujian ini dilaksanakan ingat oli yang kemampuannya masih full dapat menahan suara mesin hingga kedengar lebih halus. Untuk ketahui kemampuan oli, saksikan pengukuran batasan optimal oli yang umumnya dapat disaksikan penutup oli tersebut. Pasti, cara ini perlu dilaksanakan sebagai tips membeli motor bekas.

Check Peranan Speedometer/Panel

Janganlah lupa untuk lakukan pengujian di bagian panel tanda atau speedometer. Yakinkan jika speedometer berjalan normal ingat perannya yang cukup penting untuk sumber info berkaitan keadaan motor saat dikemudikan. Harus dipahami, motor yang sehat dan baik tentunya mempunyai speedometer, tanda bahan bakar atau bensin, tanda lampu, dan penghitung jarak masih berperan secara baik. Nach, khusus motor besar atau motor spor, panel harus juga diperlengkapi tachometer.

Nyalakan Mesin

Bila pengujian mesin dengan nyata telah kita cermat karena itu tips membeli motor bekas seterusnya yakni dengan hidupkan mesin bermotor. Yakinkan jika suara mesin mengeluarkan bunyi lembut dan halus dan cermat adakah bunyi kasar. Disamping itu, untuk mengecek keadaan suara mesin, upayakan untuk menghidupkan mesin tanpa gas. Tujuannya, saat mesin telah berpijar tidak boleh tergesa-gesa menggeber kuat kencang. Diamkan dahulu mesin berjalan tanpa dipacu. Pasrtikan apa motor dapat langsam (masih berpijar pada perputaran mesin rendah/tanpa dipacu). Ini untuk pastikan keadaan mesin masih baik atau mungkin tidak ingat motor dengan kondisi mesin yang memiliki masalah pasti tidak akan langsam pada perputaran mesin di bawah 1500 rpm.

Check dan Rasakan Peralihan Giginya

Jika pengujian suara mesin telah usai, coba kendarailah motor itu. Secara perlahan-lahan, rasakan peralihan gigi dari gigi 1 ke gigi 2, yakinkan peralihan gigi yang dirasa lembut supaya mengemudi juga jadi lebih nyaman. Masalahnya bila peralihan gigi malah berasa kasar saat dipindah karena itu keadaan itu mengisyaratkan jika kampas kopling harus selekasnya ditukar. Tidak itu saja saja, yakinkan tidak ada suara mendesir ingat bila kedengar suara mendesir pada rantai atau pada mesin saat berjalan pasti hal itu kemungkinan ada kerusakan pada gear motor dan harus ditukar.

Yakinkan Mekanisme Kelistrikan Normal

Tips membeli motor bekas yang lain tidak kalah penting saat menentukan motor sisa terbaik, rekan-rekan harus pastikan keadaan kelistrikannya berjalan normal. Rekan-rekan dapat mengeceknya dengan menghidupkan lampu depan, lampu sein, lampu belakang, lampu rem, lampu panel, dan klakson. Disamping itu, check starter elektrik, masihkah bekerja seperti seharusnya atau justru tidak bekerja sama sekalipun. Sesudah dilihat kok ada salah satunya elemen listrik di atas yang tidak berperan dengan prima karena itu ditegaskan ada permasalahan pada aki atau juga bisa pada sekering motor.

Check dan Cermat kembali Apa Motor Pernah Alami Kecelakaan atau Tidak

Tips membeli motor bekas yang paling akhir yakni dengan mengecek dan pastikan jika motor yang bakal teman membeli tidak pernah alami kecelakaan kronis. Rekan-rekan dapat mengeceknya dengan menanyakan langsung ke penjual. Untuk menahan tipu tipu daya penjual karena itu teman-teman dapat lakukan pengujian sendiri, yakni dengan membangun motor dengan standard double di permukaan yang datar. Saksikan dan perhatikan dengan cermat, apa roda depan dan belakang ada pada garis yang sejajar prima. Disamping itu, lihat kesejajaran stang dengan body dan roda. Dalam masalah ini, yakinkan jika pada kerangka motor tidak ada kebengkokan.

Menyimak 12 tips membeli motor bekas yang sudah  jabarkan di atas, pasti rekan-rekan yang ingin beli motor bekas pakai telah mempunyai kisah, bagaimanakah cara pengujian yang betul. Disamping itu, dengan ketahui dan pahami panduan di atas, pasti rekan-rekan tidak akan gampang ditipu oleh penjualnya. Tetapi, dari kesekian info di atas, hal yang terpenting untuk dipahami yaitu pada keadaan mesin bermotor dan feature keselamatan, seperti rem. Masalahnya dua hal itu sebagai yang paling dasar untuk memberikan keyakinan apa motor masih sehat atau mungkin tidak. Nach, begitu pembahasan berkenaan 12 tips membeli motor bekas. Janganlah lupa simak juga berkenaan Oli Motor Terbaik dan Ban Motor Terbaik.

,#caracekmotorbekas, #tipsmembelimotormaticbekas, #jualbelimesinmotorbekas

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url